10 Unit Usaha Budidaya Kab. Probolinggo Terima Sertifikat CBIB di Tahun 2019,

posted in: Berita | 0

DRINGU – Kecenderungan masyarakat terhadap persyaratan mutu dan keamanan pangan termasuk hasil perikanan budidaya yang semakin ketat, menuntut pembudidaya dalam memproduksi ikan untuk memperhatikan kualitas produk yang memiliki daya saing, serta ramah lingkungan, berkelanjutan, aman dikonsumsi dan mampu ditelusuri.

Untuk memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan hasil perikanan budidaya, maka pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan mengeluarkan sertifikat Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB).  Budidaya yang mengikuti kaidah-kaidah teknis atau cara (CBIB) adalah suatu rangkaian kegiatan dalam budidaya dengan memenuhi syarat kesehatan, aman dikonsumsi dan ramah lingkungan sesuai tuntutan pasar global

Kepala Seksi Produksi Perikanan Budidaya pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Asmiyati Kurnianingsih, S.Pi, Selasa (03/12/2019) menyampaikan bahwa pada tahun 2019 Sebanyak 10 unit usaha budidaya di Kabupaten Probolinggo, memiliki sertifikat CBIB dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“10 (Sepuluh) unit usaha budidaya tersebut yaitu 8 unit tambak intensif dan 2 unit pembudidaya ikan”

Asmiyati menerangkan, sertifikat CBIB merupakan jaminan bahwa produk perikanan budidaya yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi. Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia No.KEP.02/MEN/2007 tentang prosedur dan sertifikasi Cara Budidaya Ikan yang Baik dan Peraturan Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Nomor 65/Per-Djpb/2015 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Sertifikasi Cara Budidaya Ikan Yang Baik.

CBIB ini merupakan kebijakan pemerintah dalam mendorong sistem jaminan mutu dan keamanan pangan hasil perikanan sekaligus sebagai jawaban kepada konsumen terhadap kejelasan keamanannya. Ini akan menjamin ketelusuran produk, sehingga bahaya keamanan pangan bisa diantisipasi, lanjutnya”.

Dengan memiliki sertifikat jaminan mutu perikanan berupa CBIB, kata Asmiyati. para pembudidaya ikan di Probolinggo bisa memproduksi ikan sesuai standar nasional, pungkasnya.