Dinas Perikanan Adakan Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Pembangunan Perikanan Tahun 2018-2023

posted in: Berita | 0

PAITON – Dalam rangka menyusun Dokumen Rencana Strategis dalam pembangunan perikanan dan kelautan 5 tahun kedepan, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo, Selasa (27/11/2018) menggelar rapat koordinasi (rakor) perencanaan pembangunan perikanan tahun 2018-2023 di Wisata Paiton.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta dari unsur pegawai Diskan Kabupaten Probolinggo sebanyak 40 orang dan 10 orang dari pelaku usaha perikanan (nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam dan pengolah ikan). Rapat koordinasi (rakor) perencanaan pembangunan perikanan tahun 2018-2023 dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan Kabupaten Probolinggo merupakan daerah yang memiliki potensi perikanan yang sangat besar dan prospektif untuk dikembangkan. Sebagai gambaran besarnya potensi perikanan di Kabupaten Probolinggo adalah hasil produksi di bidang perikanan tangkap mencapai 22.119 ton pada tahun 2017. Produksi budidaya perikanan mencapai 10.273 ton, sedangkan di sektor usaha garam rakyat mencapai 14.983 ton

“Untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi sumberdaya perikanan diperlukan perencanaan yang mampu mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah,” jelasnya.

“ Rapat koordinasi pada saat ini dimaksudkan untuk melakukan identifikasi masalah dan usulan solusi. Proses identifikasi masalah dan usulan solusinya dilakukan dengan melibatkan pihak-pihak terkait yakni pelaku usaha bidang perikanan. Hal ini, sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, tata cara evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

Lebih lanjut Dedy menambahkan ketepatan dalam identifikasi masalah dan memberikan solusi dalam urusan kelautan dan perikanan adalah bekal yang berharga dalam menyusun Dokumen Renstra Diskan Kabupaten Probolinggo. Dokumen ini nantinya menjadi acuan bagi Diskan Kabupaten Probolinggo untuk menyusun rencana kerja tahunan dan sekaligus menjadi tolok ukur kinerja selama 5 tahun ke depan.

Dokumen Rencana Strategis (Renstra) adalah dokumen perencanaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk periode 5 (lima) tahun yang memuat tujuan, sasaran, program dan kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya yang disusun berpedoman pada RPJMD.

“Renstra Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo yang akan disusun ini dalam prosesnya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang merupakan penjabaran dari visi, misi dan program Kepala Daerah. Selain itu kami juga berupaya untuk mensinkronkan dengan dokumen perencanaan di tingkat Provinsi Jawa Timur serta Kementerian Kelautan dan Perikanan,” tegasnya.

Dalam rapat koordinasi (rakor) perencanaan pembangunan perikanan tahun 2018-2023 Dinas Perikanan juga mengundang dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Probolinggo Sebagai narasumber.

Ibnu Fajar Narasumber dari Bappeda Kabupaten Probolinggo dalam materinya menyampaikan bahwa Dalam Draft RPJMD Kabupaten Probolinggo tahun 2018-2023 terdapat 4 misi atau indikator tujuan dari Bupati terpilih yaitu: mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia yang toleran melalui masyarakat yang berkesetaraan dan  berketertiban social; meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan melalui peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan penurunan angka kemiskinan; mewujudkan keadilan melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih ; mewujudkan daya saing daerah melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan

Dinas Perikanan bisa berperan dalam mewujudkan daya saing daerah melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Probolinggo dapat dilakukan dengan cara meningkatkan PDRB sektor strategis (perikanan dan kelautan), lanjut Ibnu.

Dalam penyelarasan kinerja RPJMD dengan RENSTRA Dinas Perikanan tahun 2018 – 2023 dengan tujuan meningkatnya PDRB sektor strategis sub sektor perikanan dengan sasaran : Meningkatnya Pendapatan Pelaku Usaha Perikanan dan Meningkatnya Produksi  Perikanan & Kelautan, pungkasnya.