Dinas Perikanan Kab. Probolinggo Gelar Kegiatan Bazaar Olahan Hasil Perikanan

posted in: Berita | 0

DRINGU – Dalam upaya mempromosikan produk olahan hasil perikanan di Kabupaten Probolinggo, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menggelar Bazar Olahan Hasil Perikanan di halaman Kantor Kecamatan Dringu, Jum’at (14/9/2018).

Pada kesempatan tersebut hadir dengan antusias personil dari berbagai SKPD Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan masyarakat sekitar untuk membeli bazar produk hasil olahan yang dari segi harga lebih murah dan terjangkau. Bazar Olahan Hasil Perikanan dilaksanakan mulai pukul 07.00 hingga 11.00 WIB ini diikuti oleh 12 Kelompok pengolah hasil perikanan (POKLASHAR) di Kabupaten Probolinggo.

Produk yang ditampilkan meliputi sirup rumput laut, terasi udang instan, rengginang ikan, siomay jenggelek, sarden presto benggo, pizza tuna, rengginang udang, keripik wader, keripik udang, keripik teri, dendeng belanak, lele crispy, amplang ikan, sus ikan kering, otak-otak ikan laut dan lele goreng.

Yasykur S.Pi selaku Kepala Seksi Akses Pasar, Promosi dan Logistik pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan untuk mempromosikan  produk unggulan daerah, memperkenalkan hasil diversifikasi produk olahan hasil perikanan dan meningkatkan pendapatan para POKLASHAR.

Penyelenggaraan bazar produk perikanan kali ini  merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk perluas akses pasar domestik. “Selain promosi dan edukasi serta memperbaiki citra produk perikanan, penyelenggaraan bazar  ini  untuk meningkatkan konsumsi ikan sekaligus akses pasar dalam daerah”, lanjut yasykur

Diharapkan melalui bazar olahan hasil perikanan dan bazar ikan ini masyarakat masih dapat membeli produk perikanan yang bermutu, aman dikonsumsi dengan harga terjangkau. Untuk POKLASHAR, usahannya semakin maju dan berkembang yang pada gilirannya mampu menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan para UKM itu sendiri, pungkasnya.

Sementara itu, Qurotul aini salah satu peserta Bazar Olahan Hasil Perikanan mengaku bisa memperoleh omset Rp. 500 ribu dalam kurung waktu hanya 4 (empat) jam saja. “ Alhamdulilah saya senang ikut bazar kali ini, tambah teman, saya juga menambah pelanggan dan banyak yang pesan ke saya”

“Semoga kegiatan ini bisa sering-sering diadakan, dengan begitu bisa kami bisa menjualkan hasil pengolahan perikanan yang kami buat,” harapnya.