Dinas Perikanan Probolinggo Sosialisasikan Gemarikan di Ponpes HATI dan SDN Rangkang, Kecamatan Kraksaan

posted in: Berita | 0

KRAKSAAN – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur bersama dengan Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) kepada ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) HATI dan siswi SDN Rangkang Kecamatan Kraksaan, Selasa (21/8/2019) pagi di halaman aula Bin Hasan Ponpes HATI Kraksaan.

Sosialisasi Gemarikan dihadiri oleh Plt Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim Evy Afiana Sari, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, Dedy Isfandi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto dan Kepala SMP HATI Billingual Boarding School (BBS) Kraksaan Fathur Rozi.

Secara resmi sosialisasi yang dibuka oleh Plt Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim Evy Afiana Sari. Di awal sambutannya Evi Afiana Sari mengapresiasi tingkat konsumsi ikan per kapita Kabupaten Probolinggo yang semakin baik mendekati target nasional 46 kg per orang per tahun.

Evi juga mengungkapkan apresiasinya atas sistem dan metode pendidikan pondok pesantren yang saat ini banyak diminati masyarakat. Selain pendidikan agama dan pendidikan umum, ia mengatakan bahwa di setiap pondok pesantren yang dikunjunginya para santri/siswa juga dikenalkan pelajaran life skill seperti berkebun, berternak dan handycraft.

Selanjutnya Evi berharap agar di Kabupaten Probolinggo terus menggencarkan gerakan nasional Gemarikan ini. Karena seperti yang sudah diketahui bahwa kandungan protein dalam daging ikan jauh lebih bermanfaat bagi anak-anak baik untuk kecerdasan otak maupun untuk tumbuh kembang generasi Indonesia jauh lebih baik.

“Terimakasih atas segala upaya Pemkab Probolinggo selama ini dalam membudayakan konsumsi ikan. Karena tentunya ini bukan untuk kami, namun dalam rangka mencetak SDM generasi masa depan yang lebih berkualitas,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi dalam kesempatan yang sama menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur atas kepercayaannya menyelenggarakan kegiatan Gemarikan 2019 di Kabupaten Probolinggo.

Tahun 2018, konsumsi ikan di Kabupaten Probolinggo telah mencapai hampir 26,26 kilogram per orang. Melalui kampanye Gemarikan ini kami harapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, pelajar akan pentingnya makan ikan. “Karena ikan memiliki nilai kandungan gizi yang tinggi dan baik bagi anak-anak untuk masa pertumbuhan,” jelasnya.

Di Kabupaten Probolinggo memiliki potensi perikanan yang besar, baik bentuk ikan segar ataupun olahan seperti krupuk ikan, abon ikan, nuget ikan dan ikan asap yang mempunyai rasa yang enak, gurih dan nikmat sehingga diharapkan dapat digemari oleh masyarakat.

Semoga melalui kegiatan ini dan dengan diberikannya produk olahan hasil perikanan kepada anak-anak, diharapkan dapat lebih mengenal dan menyukai menu makanan berbahan dasar ikan. Selain itu dapat menambah sinergi antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo  dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam meningkatkan konsumsi makan ikan,” harapnya.