Diskan Berikan Makanan Tambahan Bagi Balita Probolinggo

posted in: Berita | 0

DRINGU – Dalam rangka melaksanakan kegiatan pelayanan promotif masyarakat melalui Gemar Ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo memberikan makanan tambahan bagi balita. Pemberian makanan tambahan bagi balita ini diserahkan dalam kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) posyandu.

Pemberian makanan tambahan adalah program intervensi bagi balita untuk meningkatkan status gizi anak dan untuk mencukupi kebutuhan zat gizi anak agar tercapainya status gizi dan kondisi gizi yang baik sesuai dengan umur anak tersebut.

Selama bulan Maret 2018, Dinas Perikanan memberikan 325 paket makanan tambahan berupa abon ikan, kerupuk ikan dan nugget ikan. Pemberian makanan tambahan bagi balita ini diserahkan pada 67 balita di Posyandu Paoan Desa Tegalsono Kecamatan Tegalsiwalan, 70 balita di Posyandu Banjar Utara Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, 52 balita di Posyandu Pao Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar, 80 balita di Posyandu Watu Salang Desa Sumendi Kecamatan Tongas dan 56 balita di Posyandu Mayangan Desa Gejugan Kecamatan Pajarakan.

Yaskur S.Pi selaku Kepala Seksi Akses Pasar, Promosi dan Logistik pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo menyampaikan anak itu adalah generasi muda, calon pemimpin bangsa masa depan. Setiap orang tua pasti mendambakan anaknya menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Guna mewujudkan hal tersebut, hendaknya para orang tua menyadari bahwa kebutuhan gizi anak perlu dipenuhi sejak janin tumbuh dan berkembang di dalam kandungan.

Pemberian suplementasi gizi kepada balita merupakan suatu upaya untuk mencukupi kekurangan kebutuhan gizi dari konsumsi makan harian sehingga meminimalisir timbulnya masalah kesehatan dan gizi pada kelompok rawan gizi di masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan pemberian makanan tambahan bagi balita dan memberikan informasi kepada petugas posyandu akan pentingnya nilai gizi ikan bagi balita, anak sekolah dan ibu hamil merupakan komitmen kami dalam hal peningkatan nilai gizi bagi balita.

“Kami berharap dengan pemberian ini akan dapat meningkatkan gizi bagi balita anak sekolah dan ibu hamil,” pungkasnya.