Diskan Sosialisasikan Budidaya Ikan Kolam Lele Keluarga (Kolega)

posted in: Berita | 0

GADING – Sebagai upaya pemenuhan gizi seimbang masyarakat, menambah pendapatan dan untuk pencegahan stunting, Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur mengadakan sosialisasi budidaya ikan kolega (kolam lele keluarga), Selasa (24/11/2020) di Desa Betek Taman Kecamatan Gading. Kegiatan diikuti oleh masyarakat Desa Betek Taman sebanyak 30 orang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi didampingi oleh perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dan Kepala Desa Betek Taman Kecamatan Gading.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi saat membuka acara sosialisasi menyampaikan kegiatan budidaya berupa kolega (kolam lele keluarga) kepada Desa yang sebagian masyarakatnya terkena stunting ini bertujuan untuk meningkatkan gizi masyarakat dan mengurangi stunting yang ada di desa tersebut.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya makan ikan untuk memenuhi gizi masyarakat dan mengajarkan kepada mereka bagaimana cara melakukan kegiatan budidaya ikan sehingga mereka lebih mudah untuk mengkonsumsi ikan sebagai upaya peningkatan gizi,” katanya.

Menurut Dedy, program Kolam Lele Keluarga (Kolega) ini dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup, pemberdayaan masyarakat dan menambah pendapatan keluarga dari pembudiyaan ikan lele atas program tersebut.

“Program Kolega ini tentunya sangat positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Karena hasil program kolega bisa langsung dapat dirasakan oleh masyarakat. Tidak kalah pentingnya yakni dapat memberdayakan keluarga untuk bisa berkreasi dalam pengolahan makanan ikan lele dari hasil Kolega,” pungkasnya.

Setelah acara dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Kepala Bidang Perikanan Budidaya Diskan Kabupaten Probolinggo Wahid Noor Azis dan Kasi Produksi Perikanan Budidaya Diskan Kabupaten Probolinggo Asmiyati Kurnianingsih dengan judul teknik budidaya ikan lele dikolam terpal. Dalam kesempatan tersebut peserta diajarkan proses budidaya ikan lele dari penebaran benih, pembeian pakan, managemen pengelolaan air, penanganan hama penyakit ikan dan teknik pemanenan.

Selain mendapatkan materi tentang budidaya ikan kolega (kolam lele keluarga), Dinas Perikanan KabupatenProbolinggobersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur juga menyerahkan bantuan kepada kelompok berupa Sarana budidaya ikan Kolega (kolam terpal, benih ikan lele dan pakan ikan lele) sebanyak 40 unit ini dihibahkan kepada 40 masyarakat Dusun Tomangan Desa Betek Taman.