Fish Apartment Dan Terumbu Karang Perairan Binor, Kec. Paiton Dalam Kondisi Baik

posted in: Berita | 0

PAITON – Selasa (13/3/2018) Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo melakukan monitoring dan evaluasi kondisi fish apartment dan terumbu karang di perairan Desa Binor Kecamatan Paiton. Kegiatan Monitoring dilakukan oleh tim penyelam Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo sebanyak 6 orang, 4 orang anggota Pokmaswas “Keranji” Desa Bhinor dan tenaga ahli selam (1 orang) sebagai tenaga pendamping selam.

Tujuan dari monitoring adalah untuk mengetahui kondisi terkini kesehatan terumbu karang dan ekosistem terkait lainnya seperti lamun. Selain itu untuk melihat perkembangan fish apartment yang telah ditempatkan dan perkembangan ikan-ikan dari kegiatan restocking yang pernah dilakukan dengan cara pengamatan langsung (penyelaman).

Yunianto Hisa Prapta S.Pi selaku Kepala Seksi Pendayagunaan Wilayah Pesisir pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo saat ikut serta dalam monitoring menyampaikan monitoring dan evaluasi kondisi fish apartment dan terumbu karang di perairan Desa Binor merupakan agenda rutin dari Dinas Perikanan Kabupaten dalam pelestarian ekositem pesisir dan laut. Kegiatan ini untuk mengevaluasi sampai sejauh mana keberhasilan dari kegiatan rehabilitasi ekosistem pesisir dan laut bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Hasil pengamatan selama penyelaman didapatkan data bahwa kondisi terumbu karang dalam kondisi baik dan sebagian besar berasal dari jenis Achrophora sp. lanjut Yunianto. Untuk posisi modul fish apartment masih tertata rapi dan tidak ada bagian yang rusak. Modul fish apartment sudah ditumbuhi teritip (Barnacle) walaupun belum begitu banyak dan sudah digunakan oleh ikan-ikan kecil untuk berlindung.

Upaya lanjutan untuk mempertahankan kondisi terumbu karang dan fish apartment di perairan Desa Binor adalah perlunya sinergitas dari berbagai pihak yang peduli terhadap kondisi laut. Kami mengerahkan POKMASWAS dan berkordinasi dengan POSKAMLADU dalam menjaga ekosistem pesisir dan laut.

“Seperti yang kita ketahui laut adalah tempat hidup bagi ikan dan biota laut lain yang ada didalamnya. Ikan dan biota laut ini membutuhkan tempat yang nyaman dan aman untuk tumbuh kembang dan berkembang biak yakni di terumbu karang dan fish apartment, apabila kita bisa menjaganya maka kelak laut sebagai surga ikan yang dapat kita warisan ke anak cucu kita ke depan ” Pungkasnya.

Sementara menurut Johan, salah satu warga Desa Binor, dirinya sangat mendukung dan berkomitmen untuk menjaga kelestarian ekositem terumbu karang dan fish apartment.“ Saat ini sudah ada kepedulian dari masyarakat binor untuk menjaga sumberdaya alam sekitar mereka dengan membentuk pokmaswas yang aktif melakukan pengawasan terhadap aktifitas nelayan dan kondisi pesisir serta perairan, agar sumberdaya alam dan sumberdaya ikan khususnya jenis ikan karang yang bernilai ekonomis tinggi tetap terjaga “ ujar Johan.

Nelayan Bhinor sebagian besar menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan seperti pancing, bubu dan ada beberapa yang menggunakan alat tembak bawah air. Nilai manfaat dan dampak positif dalam menjaga kelestarian ekositem terumbu karang dan fish apartment adalah saat ini nelayan lebih sering mendapatkan hasil tangkapan berupa ikan kerapu dari jenis cantang berukuran besar dengan harga Rp.60.000,-/ kg. Hasil tangkapan rata-rata memiliki bobot 5-12 kg/ekor, lanjut Johan.