Kuatkan Kelembagaan Pelaku Usaha Perikanan, Diskan Gelar Bimtek BerKoperasi

posted in: Berita | 0

PROBOLINGGO – Sebagai upaya peningkatan kapasitas kelembagaan pelaku utama perikanan, Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo mengadakan  bimbingan teknis (bimtek) penguatan kelembagaan melalui koperasi, Kamis (8/8/2019) di ruang pertemuan Orin Hall and Resto Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Tongas, Sumberasih, Dringu, Gending, Pajarakan, Kraksaan, Paiton, Maron dan Wonometo.

Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi. Dalam sambutannya beliau mendorong pelaku utama perikanan untuk berkoperasi, sebab koperasi merupakan salah satu soko guru perekonomian Indonesia. Koperasi dinilai menjadi kekuatan ekonomi masyarakat karena koperasi adalah suatu bentuk usaha dalam bidang ekonomi untuk kesejahteraan anggota,berdasar swasembada dan gotong royong

Peranan koperasi menjadi sangat penting karena dalam melaksanakan ekonomi yang secara bersama – sama dapat menggalang kekuatan yang lebih besar untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik.

Pada umumnya koperasi memberikan kredit lunak kepada anggotanya. Kredit lunak artinya pinjaman dengan bunga yang ringan. Uang pinjaman dapat dipergunakan oleh anggota koperasi untuk mendukung usahanya.

Misalnya, lanjut Dedy. Seorang anggota koperasi memiliki usaha budidaya ikan lele. Karena kekurangan modal, ia mengajukan penambahan modal ke koperasi. Koperasi akan melayani anggota yang mengajukan permohonan pinjaman seperti ini dan akan memenuhi permohonan pinjaman yang dia ajukan. Dengan memperoleh modal dari koperasi, anggota tersebut dapat mengembangkan usahanya.

“Menyadari betapa pentingnya peran koperasi dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, mari kita menggalakkan kembali perkoperasian demi kemajuan dan kemakmuran bangsa ini di masa mendatang” pungkas Dedy.

Setelah dibuka secara resmi oleh Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo. Kegiatan dilanjutkan penyampaian materi tentang Proses Pendirian Koperasi dan Koperasi Jasa LKM (Lembaga Keuangan Mikro) dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Pembinaan dan Kegiatan Ijn Operasional Koperasi Jasa LKM dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang serta Success Story Koperasi Nelayan Projo Mino Bantul dari Koperasi Nelayan Projo Mino Bantul.

Sementara itu Kepala Seksi Pembinaan Usaha dan Kelembagaan Fonny Sukma Apsari mengungkapkan dimaksudkan untuk penguatan kelembagaan kelompok. “Serta mendorong kelompok untuk bisa berkoperasi dan bisa terbentuk lembaga keuangan mikro sebagai alternatif pembiayaan mandiri di luar perbankan,” katanya.

Menurut Fonny, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan pelaku utama perikanan di Kabupaten Probolinggo. “Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang manajemen koperasi. Sekaligus untuk memunculkan kelompok perikanan untuk ber pra koperasi di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.