Peduli Lingkungan Perairan, 15 Ribu Benih Ikan Kakap Putih di Tebar di Pantai Bentar Probolinggo

posted in: Berita | 0

GENDING – Dalam rangka upaya mendorong kelestarian sumberdaya alam perairan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Kamis (28//2/2019) melakukan penebaran benih Ikan Kakap Putih sebanyak 15.000 ekor di Pantai Bentar, Desa Curah Sawo, Kec. Gending Probolinggo.

Benih Ikan Kakap Putih tersebut secara simbolik dilepas oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Soebjakto; Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko; anggota komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun, anggota IV BPK RI Rizal Djalil dan didampingi oleh Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Probolinggo memiliki perairan laut yang begitu kaya. Dulunya perairan Kabupaten Probolinggo kaya dengan ikan karang. Pengurangan ikan karang itu diperkirakan sampai 70 persen. Tapi terlihat, saat ini ikan kakap putih sudah berkurang karena penangkapan sudah banyak. Oleh karena itu, perlu peningkatan komunitas ikan kakap putih.

“Kenapa kami tebar benih kakap putih di perairan Probolinggo. Karena menurut analisis kami. Penangkapan ikan kakap putih di Kabupaten Probolinggo ini, sudah over kapasiti. Jadi kami menilai, salah satu upaya yakni melakukan menebaran benih kakap putih,” ujar Direktur Jenderal Perikanan Budiday tersebut.

”Pelepasan ikan kakap putih ini, harapannya bukan 5-6 bulan kedepan bisa ditangkap oleh masyarakat. Tetapi harapannya menjadi indukan-indukan kakap ikan putih. Ya diperkirakan 2 tahun sudah bisa menjadi indukan dan berkembang biak,” terangnya.

Wakil Bupati Probolinggo H.A Timbul Prihanjoko saat dikonfirmasi mengatakan, berbagai dukungan Pemerintah pusat untuk Kabupaten Probolinggo terus bergulir. Harapannya, dukungan ini akan memberikan efek percepatan terhadap pembangunan perikanan kelautan di Probolinggo.

”Harapannya benih ikan yang sudah ditebar itu berkembang biak dulu. Harapannya ada pemerataan, sehingga kehidupan nelayan menjadi lebih baik,” katanya.