Pemkab Probolinggo Bersih- Bersih Pantai TPI Paiton

posted in: Berita | 0

PAITON – Memperingati hari peduli sampah nasional, Pemerintah Kabupaten Probolinggo melaksanakan acara bersih – bersih pantai di TPI Paiton, Minggu (25/2/2018) di TPI Paiton, Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton.

Pelaksanaan kegiatan bersih-bersih pantai di TPI Paiton dimulai pada pukul 07.30 hingga 10.00 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Tidak ketinggalan berbagai elemen masyarakat di Probolinggo, mulai pelajar, TNI-POLRI, GP Anshor, dan kelompok pecinta alam sebanyak 200 orang ikut bagian dalam kegiatan tersebut.

Pada pelaksanaannya, peserta melakukan pemungutan sampah yang ada di lingkungan , dan  melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik. Untuk sampah ranting kering, mereka langsung membakarnya. Sedangkan untuk sampah anorganik dikumpulkan dan akan dibuang di tempat pembuangan sampah akhir (TPA).

Wahid Noor Azis A.Pi MT, Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo saat menghadiri acara bersih-bersih pantai menyampaikan, kami sangat mendukung kegiatan bersih-bersih pantai di TPI Paiton. “Ini sebagai wujud nyata dalam penanganan sampah dan kepedulian terhadap lingkungan”.

Selain itu, ujar Wahid, TPI Paiton merupakan lokasi tempat pendaratan ikan dan transaksi jual beli ikan laut hasil tangkapan nelayan. Apabila kondisinnya kotor dan banyak sampah maka akan menimbulkan kesan tidak higienis dan kualitas hasil tangkapan akan menurun dan merugikan bagi nelayan dan pedagang disana..

“Di kawasan pantai-laut tersebut, lanjut dia, terdapat ekosistem yang harus dijaga kelestariannya, karena tidak lepas dari fungsi sosial maupun ekonomi dari sebuah ekosistem” tegas Wahid.

Sementara menurut Marwi, salah satu warga sekitar TPI Paiton Desa Sumberanyar, dirinya sangat mendukung adanya aksi bersih-bersih sampah ini, karena bisa menjadi contoh  kesadaran setiap masyarakat sekitar dan pengunjung TPI Paiton.

“Sangat salut dengan aksi membersihkan sampah ini, selain sangat bermanfaat, acara semacam ini layak di contoh dan meningkatkan kesadaran masyarakat itu sendiri, dengan ini masyarakat menjaga  kebersihan dimana ia berada.