Perluasan Pemasaran Hasil Olahan Hasil Perikanan, Poklahsar Kab. Probolinggo Ikuti Sosialisasi Pemasaran Online

posted in: Berita | 0

DRINGU – Komitmen Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo dalam memperkenalkan hasil produk olahan hasil perikanan yang ada di Kabupaten Probolinggo untuk bisa menembus pasar regional dan nasional kembali di gaungkan. Senin (26/11/2018) puluhan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Kabupaten Probolinggo mulai dari Kecamatan Tongas sampai Paiton mengikuti sosialisasi pemasaran online dari Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo

Yasykur S.Pi selaku Kepala Seksi Akses Pasar, Promosi dan Logistik pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo saat dikonfirmasi setelah selesainya sosialisasi menyampaikan bahwa sosialisasi ini dimaksudkan agar peserta dapat memahami pentingnya pemasaran secara online, mengingat pemasaran secara online dapat diketahui oleh calon pembeli dimanapun berada baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Sistem ini memanfaatkan jaringan online seperti website, blog, ataupun aplikasi. Lewat pemasaran secara online, pembeli dapat langsung melihat profil produk beserta harganya. Pembeli dapat langsung melakukan transaksi atau dapat langsung menghubungi penjual apabila ada pertanyaan mengenai produk.

“Setidaknya dengan pemasaran online maka jangkauan pemasarannya akan lebih luas. Karena produknya akan dapat dijangkau secara lebih luas oleh masyarakat,” katanya.

Produk Poklahsar yang akan dipasarkan secara online mulai dari kerupuk ikan, abon ikan, terasi, rengginang udang, siomay ikan, sus kering, petis rajungan dan lain-lain. Semua produk ini akan dipasarkan secara online.

Untuk sosialisasi pemasaran online ini, para Poklahsar yang ada di Kabupaten Probolinggo mendapatkan materi dari narasumber yang berasal dari Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo.

Dalam kegiatan ini para anggota Poklahsar diminta mengisi form dan membawa produk untuk diambil gambarnya guna ditampilkan di aplikasi online. Di aplikasi pemasaran produk perikanan online ini akan dimunculkan produk Poklahsar atau UKM binaan Diskan Kabupaten Probolinggo beserta diskripsinya. Misalnya, produk kerupuk ikan di diskripsinya akan mencantumkan bahan, produk, netto, harga barang serta nomor telp. pemilik produk perikanan.

“Kami berharap dengan adanya aplikasi ini, produk hasil perikanan dan hasil pembangunan bidang perikanan yang ada di Kabupaten Probolinggo dapat dikenal oleh masyarakat luas. Dengan begitu income Poklahsar dapat meningkat dan membawa ke arah kesejahteraan,” harapnya.