Produksi Ikan Perairan Umum di Kab. Probolinggo Hingga Juli 2020 Mencapai 115,9 Ton

posted in: Berita | 0

Dringu-  Produksi ikan diperairan umum di Kabupaten Probolinggo mengalami tren positif setiap tahun. Sampai dengan 31 Juli 2020 produksinya mencapai 115,9 ton dengan nilai produksi mencapai Rp. 3.098.071.000. Realisasi produksi ini mengalami kenaikan 93% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu sebesar 67,6 ton.

Rincian realisasi produksi diperairan umum tahun 2020 meliputi, produksi di sungai sebesar 24,4 ton dan produksi di danau/ranu sebesar 91,5 ton. Jenis ikan hasil tangkapan pada perairan umum adalah ikan nila, ikan sembilang, Ikan Lele, ikan parai, ikan mas, ikan gurami dan Belut.

Kepala Seksi Kenelayanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Heny Wulandari S.Pi saat dikonfirmasi Jumat, (14/08/2019) menyampaikan bahwa produksi diperairan umum tahun 2020 mengalami peningkatan peningkatan secara signifikan dibandingkan tahun 2019. Peningkatan produksi perikanan tangkap ini tidak lepas dari upaya Dinas Perikanan dalam melakukan pengelolaan pengelolaan perairan umum secara intensif.

Pengelolaan perairan umum dengan benar akan berpengaruh terhadap peningkatan produksi minimal 20% dan fungsi ekologis, sehingga perikanan perairan umum dapat dijadikan tumpuan pembangunan perekonomian masyarakat, khususnya nelayan, ungkapnya.

Potensi perairan umum yang ada di Kabupaten Probolinggo meliputi danau/ranu, dan sungai. Untuk meningkatkan produksi ikan dan menjaga ekositem perairan umum Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo intens dalam melakukan pembinaan kepada kelompok nelayan dalam penggunaan alat tangkap yang efektif dan melakukan restoking.

Semoga dengan adannya upaya tersebut nantinya bukan hanya meningkatkan dari segi produksinya saja tetapi dapat meningkatkan sumber protein dan ketahanan pangan serat sumber ekonomi bagi masyarakat sekitar, pungkasnya.