Tahun 2018 Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Serahkan 48 Roll Geoisolator Kepada Petambak Garam

posted in: Berita | 0

Probolinggo- Dalam rangka untuk memberdayakan petambak garam rakyat di Kabupaten Probolinggo, Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo pada tahun 2018 menyerahkan sebanyak 48 roll geoisolator untuk 2 Kelompok Usaha Garam rakyat (KUGAR) di Kabupaten Probolinggo. Kelompok tersebut adalah KUGAR Sidoagung IX dan KUGAR Garam Makmur.

Kepala Seksi Pendayagunaan Wilayah Pesisir pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, Yunianto saat dikonfirmasi kamis (06/09/2018) menyampaikan, bantuan sarana usaha garam berupa geoisolator telah kami serahkan kepada kelompok dengan spesifikasi adalah plastik LDPE berwarna hitam dengan ukuran lebar 4,4 m, panjang 60 m dengan ketebalan 0,25 mikron. Bantuan yang diberikan KUGAR tersebut anggarannya dari dana APBD Kabupaten Probolinggo

Tujuan diberikannya bantuan tersebut untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas garam yang dihasilkan petambak garam.  Dinas Perikanan terus berupaya agar produksi garam ditahun ini bisa melebihi target dan berproduksi menggunakan pola geoisolator.

Menurut anto, penggunaan geoisolator sangat berdampak pada kualitas dan kuantitas garam yang dihasilkan. Untuk tahun 2017, hasil garam kualitas 1 mencapai 20,08 persen dari total produksi 14.983,488 ton dengan rata-rata produkstifitas lahan sebesar 80,434 ton/Ha.

“Kualitas garam  menggunakan pola geoisolator dan tradisional sangat berbeda. Hasilnya pun juga berbeda pula. Garam hasil pola geoisolator memiliki kualitas garam premium, lebih bersih dan memiliki nilai jual yang tinggi.  Makanya, kami terus berupaya agar semua petambak garam di wilayah Kabupaten Probolinggo untuk menggunakan pola geoisolator,” tandas anto.