Tahun 2019 Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Prioritaskan 2 Kegiatan Pemberdayaan Pelaku Usaha perikanan Dalam Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG)

posted in: Berita | 0

DRINGU –  Dalam rangka peningkatan pengintegrasian gender melalui penguatan kelembagaan, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan yang responsive gender dalam upaya pencapaian pemerintah yang baik (good governance), pembangunan yang berkelanjutan serta pencapaian target-target Millenium Development Goals (MDGs), Dinas Perikanan telah melakukan Penganggaran Responsive Gender (PPRG) tahun 2019.

Pada Tahun 2019 terdapat 2 kegiatan dalam 2 program untuk mendukung kesetaraan dan keadilan gender (KKG). Kegiatan tersebut adalah Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pelaku Usaha Perikanan pada program Pengembangan Kapasitas Pelaku Usaha Perikana dan Kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Ketrampilan Kerja Bagi Pelaku Usaha Pengolahan Hasil Perikanan pada program Pembinaan Lingkungan Sosial.

Fonny Sukma Apsari S.Pi selaku Kepala Seksi Pembinaan Usaha dan Kelembagaan pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo menyampaikan bahwa reformulasi kegiatan pada tahun 2019 bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan kapasitas Pelaku Usaha Pengolahan Hasil Perikanan melalui partisipasi anggota secara proporsional gender dan meningkatkan kemampuan teknis dan manajerial kelompok pelaku usaha perikanan melalui partisipasi anggota secara proporsional gender.

Bentuk kgiatan yang akan kami lakukan adalah melaksanakan Bimbingan Teknis Penguatan Kelembagaan melalui koperasi sebanyak 1 kali total jumlah peserta 50 orang, Fasilitasi permodalan sebanyak 4 kali, jumlah peserta 160 orang serta mengadakan Fasilitasi Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok sebanyak 1 kali dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang.

Selain merencanakan kegiatan, kami juga membentuk tim Tim Gender Focal Point pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo yang bertugas untuk Membantu pengambil kebijakan untuk memfasilitasi  penyelenggaraan PUG di Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo serta memformulasikan penyusunan perencanaan berperspektif gender dengan analisis gender, penyusunan pernyataan anggaran gender dan kerangka acuan kerja, ungkap Fonny Jumat (16/11/2018).

Kita harapkan kesetaraan gender yang akan kami lakukan bisa berkeadilan. Hal ini dilakukan agar kesetaraan gender bisa dirasakan oleh semua pihak. Sehingga antara laki-laki dan perempuan diberikan kesempatan untuk sama -sama maju dalam meningkatkan perekonomian dan pembangunan, ” ujar Fonny