Tingkatkan Gizi Siswa, Dinas Perikanan Kab. Probolinggo Laksanakan Kegiatan Gemakatulistiwa

posted in: Berita | 0

DRINGU – Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo terus berupaya mendorong perbaikan gizi dan kedaulatan pangan di masyarakat melalui peningkatan konsumsi ikan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan cara mewujudkan Gemakatulistiwa (Gerakan Makan Ikan di Lingkungan Sekolah Tingkat Siswa).

Gemakatulistiwa merupakan salah satu komponen penting dalam usaha perbaikan dan peningkatan gizi, khususnya bagi anak-anak usia sekolah. Jum’at (7/9/2018), Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo melaksanakan kegiatan pemberian makanan tambahan di SDN Wonorejo 3 Desa Wonorejo Kecamatan Maron. Kegiatan ini diikuti oleh 145 siswa SDN Wonorejo 3 Kecamatan Maron.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi tentang manfaat gemar makan ikan dan pentingnya gizi pada usia anak sekolah dari Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo serta edukasi Gemakatulistiwa (permainan ular tangga dan kuis seputar perikanan) dari Duta Gemarikan Provinsi Jawa Timur tahun 2017.

Yasykur S.Pi selaku Kepala Seksi Akses Pasar, Promosi dan Logistik pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo menyampaikan kegiatan gemakatulistiwa dirancang sebagai sarana pemulihan gizi anak-anak usia sekolah dan sebagai sarana untuk penyuluhan tentang pentingnya makanan sehat.

Makanan anak sekolah perlu mendapat perhatian mengingat masih dalam masa tumbuh kembang, maka keseimbangan gizinya harus dipertahankan supaya tetap sehat. Usia para siswa akan mengalami tumbuh kembang dan aktivitas yang sangat pesat sehingga mereka membutuhan gizi yang beragam dan tepat.

Pada pelaksanaannya, lanjut Yasykur kami memberikan makanan tambahan berupa nasi kotak dan snack serta produk olahan hasil perikanan berupa abon ikan dan kerupuk ikan serta memberikan pembelajaran terkait pentingnya gizi pada anak usia sekolah dan mengenalkan program gemarikan kepada siswa SD, mengenalkan ikan sebagai hewan air serta ciri-ciri ikan.

“Melalui Gemakatulistiwa ini kami menghimbau kepada guru dan siswa secara luas agar menanamkan kebiasaan makan dengan makanan bergizi yang baik sejak dini. Hal tersebut akan berdampak positif terhadap pola makan mereka karena telah mengenal jenis makanan yang baik yang dibutuhkan pada usia perkembangan. Oleh karena itu, kami berharap guru dan siswa untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia yang sehat, cerdas dan kuat,” pungkasnya.