Warga Desa Kalianan Dilatih Budidaya Ikan Nila

posted in: Berita | 0

KRUCIL – Minggu (24/2/2019 warga Desa Kalianan Kecamatan Krucil,) mendapatkan pelatihan budidaya Ikan Nila dari Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo. Dalam pelatihan ini, warga Desa Kalianan Kecamatan Krucil diberikan materi tentang teknik budidaya Ikan Nila meliputi persiapan kolam, penebaran benih, manajemen pakan, pengelolaan penyakit ikan hingga pemanenanserta analisa usaha.

Asmiyati Kurnianingsih Kepala Seksi Produksi Perikanan Budidaya pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo yang menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut menyampaikan bahwa Pelatihan ini dilakukan untuk menindaklanjuti permintaan masyarakat dan ajakan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Negeri Jember  yang ingin melakukan budidaya ikan dengan memanfaatkan potensi sumber daya air yang sangat melimpah.

Menurut Asmi, dalam pelatihan ini kami memberikan sosialisasi tentang pemanfaatan sumber daya air yang ada di Desa Kalianan Kecamatan Krucil agar dapat menambah pendapatan masyarakat dengan budidaya Ikan Nila. Kami menyarankan agar budidaya ikan dilakukan dalam media kolam dan tidak di sungai, karena arusnya deras sekali,”

Asmi menerangkan selain potensi sumber daya air, budidaya Ikan Nila ini harus didukung pula oleh potensi sumber daya manusia. Oleh karena itu, masyarakat harus bisa memanfaatkan potensi tersebut dengan memulai dari dirinya sendiri kemudian membentuk kelompok.

“Melalui pelatihan ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya air untuk budidaya ikan nila sehingga dapat menambah pendapatan keluarga dan memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Selain itu ada semacam perhatian dari pemerintah desa untuk memotivasi dan mengembangkan usaha budidaya perikanan yang ada dengan memanfaatkan potensi yang dimilikinya desanya,” harapnya.

Sementara itu Sahrizol salah satu masyarakat Desa Kalianan yang ikut dalam pelatihan tersebut menyampaikan bahwa kami sangat senang dan bersemangat sekali untuk melakukan budidaya ikan. ” Dinas Perikanan telah menjelaskan keuntungan budidaya ikan di Desa Kami, jadi tidak ada salahnya mencoba karena mudah dan bisa menambah pedapatan kami,” paparnya